Sustainable Construction Material Award 2022, Perdana di ARCH: ID 2022 – ARCHINESIA
Widget Image
 

Sustainable Construction Material Award 2022, Perdana di ARCH: ID 2022

Sustainable Construction Material Award 2022, Perdana di ARCH: ID 2022

Pada pelaksanaannya tahun ini, festival arsitektur ARCH: ID akan mengadakan Sustainable Construction Material Award (SCMA) untuk pertama kalinya. SCMA merupakan penghargaan yang akan diberikan kepada produk-produk material bidang knstruksi yang telah berkontribusi pada upaya pembangunan berkelanjutan (sustainable).

Seperti yang diungkapkan Theresia Purnomo, kegiatan ini adalah salah satu cara untuk menindaklanjuti deklarasi yang dilakukan oleh Ikatan Arsitek Indonesia dan asosiasi profesi lainnya dengan Gerakan Indonesia Net-Zero Emisi Karbon pada 2050. Oleh karena itu, Sustainable Construction Material Award 2022 ini tidak hanya melibatkan IAI Nasional. Mereka juga berkolaborasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, serta Green Building Council Indonesia (GBCI) dan Green Product Council Indonesia (GPCI). Perwakilan dari masing-masing pihak itu pula yang akan menjadi juri dari ajang penghargaan ini.

Untuk Sustainable Construction Material Award 2022, penyelenggara membaginya dalam enam katehori. Diantaranya adalah Produk Material Struktural, Produk Material Fasad Bangunan, dan Produk Material Finishing Lantai. Lalu, ada pula Produk Material Partisi, Finishing Dinding dan Pelapis, Produk Material Atap, serta Produk Material Sanitari. Nantinya, produk-produk dari para finalis tiap kategori akan dipamerkan selama ARCH: ID 2022 berlangsung.

Perwakilan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Material, Hendro Gunawan pun berharap, semoga SCMA 2022 bisa mendorong para produsen untuk menghasilkan produk-produk yang ramah lingkungan, memanfaatkan energi terbarukan, dan efisien. Di sisi lain, ajang ini juga bisa meningkatkan kesadaran para developer maupun konsultan untuk menggunakan material yang berkelanjutan. Bersamaan dengan itu pula, kontraktor pun dapat lebih memperhatikan proses konstruksi dan pembangunan yang ramah lingkungan.

Untuk pendaftaran Sustainable Construction Material Award 2022, silakan mengunjungi laman https://arch.id/programs/ (uci)

Written by

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
background color : #CCCC
X