IAI Jakarta Peduli Green Building – ARCHINESIA
Widget Image
 

IAI Jakarta Peduli Green Building

IAI Jakarta Peduli Green Building

Green building merupakan sebuah topik penting dan krusial. Bahkan, akhir-akhir ini semakin sering dibicarakan, ditambah lagi dengan fakta bahwa Jakarta tercatat sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia pada 20 Juni 2022 silam. Menanggapi hal tersebut, IAI Jakarta pun mengadakan webinar Green Building: Biophilic Design & Eco Architecture pada Sabtu, 2 Juli 2022.

Mereka mengundang tiga narasumber yang berbagi wawasan tentang green building dari perspektif yang berbeda.

Pembicara pertama adalah Dian Fitria, Sekretaris Umum Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia (IABHI) Ia banyak menjelaskan tentang dasar-dasar pengatahuan mengenai biophilic design.

Lalu, dilanjutkan dengan Yodi Danusastra dari PT Yodaya Hijau Bestari. Sebagai konsultan green building, Yodi membagikan sertifikasi green building dan apa yang harus diperhatikan tentang hal itu.

Kemudian, sesi presentasi pun ditutup oleh Budiman Hendropurnomo. Dalam pemaparannya, ia membagikan karya-karya arsitektur DCM Jakarta di beberapa kota di Indonesia yang sudah ramah lingkungan dan sustainability.

Seperti yang diungkapkan moderator Sigit Kusumawijaya, arsitek mempunyai peran dalam menciptakan bangunan yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, karya arsitektur tersebut juga harus bermanfaat untuk semua makhluk yang ada di bumi. Namun, dalam prosesnya tetap memerlukan kolaborasi dengan bidang-bidang maupun asosiasi lain untuk mencapai bangunan yang termasuk dalam kriteria green building. Hal ini bukan lagi menjadi tanggungjawab seorang arsitek, melainkan tugas semua sektor dan pihak-pihak terkait rancang bangun lainnya. (uci)

Written by

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
background color : #CCCC
X