“Berbagi Masa Depan” melalui Pameran 1×1 – ARCHINESIA
Widget Image
 

“Berbagi Masa Depan” melalui Pameran 1×1

“Berbagi Masa Depan” melalui Pameran 1×1

Rangkaian acara Bintaro Design District 2022 “Berbagi Masa Depan” menghadirkan banyak pameran dan instalasi dari berbagai arsitek maupun desainer. Salah satunya adalah Pameran 1×1 yang berada di lantai 5 Gedung Paramita II.

Ekshibisi ini merupakan ruang 1×1 meter yang diberikan oleh tim kurator BDD kepada desainer maupun arsitek yang ingin menampilkan karya mereka. Pada Bintaro Design District 2020, partisipannya pun sangat beragam, bahkan ada yang berasal dari berbagai daerah di luar Bintaro. Diantaranya adalah AI-CTLA x UWITAN Wooden Craft (Yogyakarta), d-associates (Jakarta), SHS & Associates (Jakarta), Aaksen Responsible Aarchitecture (Bandung), Studio Asia Raya (Kalimantan), dan Inspiral Architects (Bali). Tidak hanya itu, Pameran 1×1 juga diramaikan oleh DOJO, po+luck — sebuah rumah kolaborasi, serta Kayou Indonesia.

Karya 1×1 dari Kayou Indonesia

Karya yang ditampilkan pun bermacam-macam, dari maket arsitektur, kartu pos, hingga koran. Melalui space seluas 1 m2 ini pengunjung dapat melihat sudut pandang arsitek maupun desainer tentang masa depan.

Salah satunya adalah d-associates yang mendesain Stasiun Radio Del FM. Ini merupakan sumber informasi untuk kalangan anak muda dan media komunikasi bagi suara Toba Samosir yang diperlihatkan melalui maket. Tagline ‘Connecting You to Toba’ dapat mengembangkan potensi Toba di bidang pariwisata, sosial, serta budaya yang dapat dipublikasikan lewat on air, online, maupun on ground. Stasiun radio ini didesain untuk menyikapi konteks tempat dan alam serta pemakaian material lokal menjadi kekuatan dalam desain stasiun radio ini.

Stasiun Radio Del FM karya dari d-associates

Berbeda dari d-associates, Aaksen Responsible Aarchitecture memberikan sudut pandang lain dari “ Berbagi Masa Depan”. Sudut Kini ‘tuk Keakanan adalah rangkuman memorabilia kolektif yang dapat dikoleksi secara fisik dalam bentuk 18 kartu pos. Media fisik ini mengingatkan kembali tentang rasa, tekstur, wangi, tulisan tangan yang tercipta dengan waktu. Tujuannya adalah menggabungkan memorabilia fisik yang dapat dikoleksi secara personal, tetapi memiliki nilai berbagi memorabilia yang disajikan lewat digital. Menariknya, 18 kartu pos ini dapat menjadi collectible item bagi para pengunjung Bintaro Design District 2020. (bel)

Karya yang ditampilkan oleh Aaksen Responsible Aarchitecture dalam Pameran 1×1

 

Documentation by Bellinda Muliawan, Fauziah Prabarini
Text Editor: Fauziah Prabarini

Written by

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
background color : #CCCC
X